- Apa itu Animasi ?
Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan
benda mati. Suatu benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi
untuk menjadi hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup.
- Mengapa disebut animasi?
Karena Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda
mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah
menjadi hidup.
- Kapan animasi muncul?
Kemunculan animasi sendiri berawal dari gambar pergerakan binatang (babi
hutan, bison, kuda) pada Gua Lascaux Spanyol Utara yang diperkirakan sudah
berumur 200.000 tahun lebih, yang digambarkan dengan delapan kaki dalam posisi
yang berbeda dan bertumpuk. Kedua, gambar orang Mesir kuno berurutan yang
sedang bergumul pada dinding Piramida yang dibuat 2000 tahun SM. Ketiga,
lukisan Jepang kuno yang memperlihatkan alur cerita yang hidup dan dibuat pada
masa Heian (794-1192). Keempat, hasil karya seorang yang lahir di Chicago
bernama Walter Disney atau yang lebih kita kenal dengan nama Walt Disney.
Animasi muncul karena keinginan manusia membuat gambar yang hidup dan bergerak
sebagai perantaraan dari pengungkapan dan sebagai sarana hiburan
- Mengapa animasi muncul ?
Karena Animasi mampu menyampaikan suatu konsep yang kompleks menjadi
menarik secara visual dan juga dinamik.
- Apa ide dasar yang mendasari kemunculan animasi?
animasi muncul karena ingin menceritakan atau menyampaikan sesuatu dengan
visualisasi gambar bergerak entah itu pesan moral atau hiburan
- Bagaimana cara kerja animasi?
menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan, atau mengubah
nilai koordinat suatu objek sehingga diperoleh sebuah efek gambar yang hidup.
- Apa konsep utama yang mendasari terciptanya animasi?
Animasi memang identik dengan pergerakan, tetapi tidak berarti bahwa setiap
benda mati atau gambar statis yang digerakkan lantas bisa disebut animasi,
karena ada unsur kehidupan dalam animasi. Maka diperlukan penambahan karakter,
mood dan emosi pada objek yang akan dianimasikan.
- Apa kelebihan animasi dibanding bentuk multimedia yang lain?
yaitu hampir semua unsur multimedia ditransformasikan, seperti image, text,
audio, dan video. Animasi dapat menyampaikan pesan dari animator ke audience
lewat gambar-gambar yang bergerak dengan jalan cerita yang terkesan hidup dan
menarik. Dengan animasi, audience lebih mudah mengerti dan mengingat apa pesan
yang disampaikan.
- Bagaimana perkembangan animasi di Eropa?
Abad ke-19, muncul mainan Thaumatrope
Tahun 1880-an, muncul alat potret yang mampu merekam pergerakan objek secara beruntun Tahun 1892, muncul mainan Praxinoscope yang merupakan cikal bakal proyektor pada bioskop Tahun 1908, muncul film animasi sederhana berupa rangkaian gambar-gambar blabar hitam yang dibuat di atas lembaran putih, lalu dipotret dengan film negative sehingga yang terlihat figur menjadi putih dan latar belakang menjadi hitam
Max Fleischer mengembangkan ‘Ko Ko The Clown’ dan Pat Sullivan membuat ‘Felix The Cat’ dengan memanfaatkan teknik animasi cell
McCay membuat rumusan film dengan perhitungan waktu 16x gambar dalam tiap detik
Tahun 1919, Lotte Reineger mengembangkan film animasi bayangan
Tahun 1930, Bertosch membuat percobaan film animasi potongan dengan figur dari potongan kayu
Tahun 1931, muncul film animasi warna pertama, ‘Flower and Trees’, yang dibuat Walt Disney
Tahun 1935, Alexander Ptushko membuat film animasi boneka panjang ‘The New Gulliver’ dan Len Lye yang mulai menggambar langsung pada film melalui film ‘Colour of Box’
Di atas tahun 1930-an, mulai bermunculan film animasi bersuara yang dirintis Walt Disney, seperti ‘Mickey Mouse, ‘Donald Duck’ dan ‘Silly Symphony’
Tahun 1938, muncul film animasi panjang pertama, ‘Snow White and Seven Dwarfs’, yang dibuat Walt Disney
Cikal bakal animasi di Eropa dipengaruhi oleh keberadaan komik-komiknya, seperti di Swedia dan Prancis yang terkenal dengan komik Smurf, Tintin dan Asterix & Obelix
Tahun 1880-an, muncul alat potret yang mampu merekam pergerakan objek secara beruntun Tahun 1892, muncul mainan Praxinoscope yang merupakan cikal bakal proyektor pada bioskop Tahun 1908, muncul film animasi sederhana berupa rangkaian gambar-gambar blabar hitam yang dibuat di atas lembaran putih, lalu dipotret dengan film negative sehingga yang terlihat figur menjadi putih dan latar belakang menjadi hitam
Max Fleischer mengembangkan ‘Ko Ko The Clown’ dan Pat Sullivan membuat ‘Felix The Cat’ dengan memanfaatkan teknik animasi cell
McCay membuat rumusan film dengan perhitungan waktu 16x gambar dalam tiap detik
Tahun 1919, Lotte Reineger mengembangkan film animasi bayangan
Tahun 1930, Bertosch membuat percobaan film animasi potongan dengan figur dari potongan kayu
Tahun 1931, muncul film animasi warna pertama, ‘Flower and Trees’, yang dibuat Walt Disney
Tahun 1935, Alexander Ptushko membuat film animasi boneka panjang ‘The New Gulliver’ dan Len Lye yang mulai menggambar langsung pada film melalui film ‘Colour of Box’
Di atas tahun 1930-an, mulai bermunculan film animasi bersuara yang dirintis Walt Disney, seperti ‘Mickey Mouse, ‘Donald Duck’ dan ‘Silly Symphony’
Tahun 1938, muncul film animasi panjang pertama, ‘Snow White and Seven Dwarfs’, yang dibuat Walt Disney
Cikal bakal animasi di Eropa dipengaruhi oleh keberadaan komik-komiknya, seperti di Swedia dan Prancis yang terkenal dengan komik Smurf, Tintin dan Asterix & Obelix
- Bagaimana cara animasi menyampaikan pesan?
Melalui gestur dalam
animasi, gesture adalah bentuk komunikasi non verbal yang diciptakan
oleh bagian- bagian tubuh dalam karakter animasi yang dapat
dikombinasikan dengan bahasa verbal.
- Bagaimana perkembangan animasi di Amerika?
Animasi mulai berkembang sejak abad 18 di amerika. Pada saat itu teknik
stop motion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian
gambar diam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah
gambar tersebut bergerak . di amerika Animasi ada macam-macam jenisnya. Ada
yang 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat
dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector
graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi karena menambahkan berbagai efek di
dalamnya seperti efek percahayaan, air dan api, dan sebagainya. Amerika dikenal
dengan animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang simpel.
- Bagaimana perkembangan animasi di Amerika?
Animasi di Asia muncul di awal era tahun 1913, khususnya animasi Jepang.
Dimana pada waktu itu dilakukan eksperimen oleh Shimokawa Bokoten, Koichi
Junichi dan Kitayama Seitaro
Animasi Jepang (anime) memiliki ciri khas dan karakter yang kuat serta eksistensi yang kemudian menjadi patokan munculnya karya-karya animasi di negara lain
Anime berkembang sesuai budaya Jepang, mulai dari pengkarakteran hitam putih dan cerita-cerita petualangan bertema cinta, pahlawan dan persahabatan menjadi filosofi yang kompleks
Tahun 1917, mucul film animasi pendek yang masih bisu berjudul ‘Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki’ karya Oten Shimokawa
Tahun 1963, muncul serial TV ‘Astro Boy’ dari Ozamu Tezuka
Tahun 1970-an, mulai diaplikasikan tracking shots, pengambilan gambar yang panjang, panning yang berlebihan, sudut pandang kamera yang tidak biasa, serta extreme close up
Tahun 1990-an, bermunculan anime-anime yang menarik secara intelektual, seperti ‘Neon Genesis Evangelion’ karya Hideaki Anno dan ‘Mononoke Hime’ karya Hayao Miyazaki. Hampir semua naime masih menggunakan teknik animasi tradisional dan hanya menggunakan teknologi digital sebagai pelengkap.
Animasi Jepang (anime) memiliki ciri khas dan karakter yang kuat serta eksistensi yang kemudian menjadi patokan munculnya karya-karya animasi di negara lain
Anime berkembang sesuai budaya Jepang, mulai dari pengkarakteran hitam putih dan cerita-cerita petualangan bertema cinta, pahlawan dan persahabatan menjadi filosofi yang kompleks
Tahun 1917, mucul film animasi pendek yang masih bisu berjudul ‘Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki’ karya Oten Shimokawa
Tahun 1963, muncul serial TV ‘Astro Boy’ dari Ozamu Tezuka
Tahun 1970-an, mulai diaplikasikan tracking shots, pengambilan gambar yang panjang, panning yang berlebihan, sudut pandang kamera yang tidak biasa, serta extreme close up
Tahun 1990-an, bermunculan anime-anime yang menarik secara intelektual, seperti ‘Neon Genesis Evangelion’ karya Hideaki Anno dan ‘Mononoke Hime’ karya Hayao Miyazaki. Hampir semua naime masih menggunakan teknik animasi tradisional dan hanya menggunakan teknologi digital sebagai pelengkap.
- Bagaimana perkembangan animasi di Indonesia?
Sejarah animasi Indonesia mulai diketahui sejak ditemukannya lukisan
di goa yang bercerita tentang binatang buruan dan hal-hal yang berbau mistis
Tahun 1955, Indonesia sudah mampu membuat film animasi seiring dengan munculnya film berjudul ‘Si Doel Memilih’ karya Dukut Hendronoto, yang mengisahkan kampanya pemilihan umum pertama di Indonesia
Tahun 1970, muncul film animasi yang produksinya menggunakan kamera seluloid 8mm, seperti ‘Batu Setahun’, ‘Trondolo’ dan ‘Timun Mas’ yang disutradarai Suryadi alias Pak Raden
7 Mei 2004, muncul film animasi 3D animasi berdurasi panjang berjudul ‘Homeland’ yang digarap selama satu tahun di bawah payung Studio Kasatmata di Jogja
Tahun 2008, Indonesia berhasil membuat film animasi 3D musical pertama ‘Meraih Mimpi’ yang ditayangkan di layar lebar dan sudah go international. Sebuah film animasi yang sangat menyentuh dengan cerita yang memberikan kekuatan dan harapan akan pentingnya toleransi, perjuangan dan semangat dalam meraih cita-cita. Dengan bersetting perkampungan dan hutan pulau Batam yang juga dihuni dengan berbagai binatang-binatang khas Indonesia, membuat tampilan visual yang sangat luar biasa. Nia Dinata, Kalyana Shira Films dan Infinite Frameworks (IFW) berkolaborasi mengadaptasi kisah ini dengan dengan melibatkan sejumlah pekerja seni komputer grafis terbaik di Indonesia untuk mendukung film ini. Film ini merupakan adaptasi dari buku karya Minfung Ho berjudul Sing to The Dawn. Meraih Mimpi disutradarai oleh Phil Mitchell asal Kanada, sedangkan untuk aransemen lagu dipercayakan pada Erwin Gutawa
Tahun 1955, Indonesia sudah mampu membuat film animasi seiring dengan munculnya film berjudul ‘Si Doel Memilih’ karya Dukut Hendronoto, yang mengisahkan kampanya pemilihan umum pertama di Indonesia
Tahun 1970, muncul film animasi yang produksinya menggunakan kamera seluloid 8mm, seperti ‘Batu Setahun’, ‘Trondolo’ dan ‘Timun Mas’ yang disutradarai Suryadi alias Pak Raden
7 Mei 2004, muncul film animasi 3D animasi berdurasi panjang berjudul ‘Homeland’ yang digarap selama satu tahun di bawah payung Studio Kasatmata di Jogja
Tahun 2008, Indonesia berhasil membuat film animasi 3D musical pertama ‘Meraih Mimpi’ yang ditayangkan di layar lebar dan sudah go international. Sebuah film animasi yang sangat menyentuh dengan cerita yang memberikan kekuatan dan harapan akan pentingnya toleransi, perjuangan dan semangat dalam meraih cita-cita. Dengan bersetting perkampungan dan hutan pulau Batam yang juga dihuni dengan berbagai binatang-binatang khas Indonesia, membuat tampilan visual yang sangat luar biasa. Nia Dinata, Kalyana Shira Films dan Infinite Frameworks (IFW) berkolaborasi mengadaptasi kisah ini dengan dengan melibatkan sejumlah pekerja seni komputer grafis terbaik di Indonesia untuk mendukung film ini. Film ini merupakan adaptasi dari buku karya Minfung Ho berjudul Sing to The Dawn. Meraih Mimpi disutradarai oleh Phil Mitchell asal Kanada, sedangkan untuk aransemen lagu dipercayakan pada Erwin Gutawa
- Animasi dapat dikategorikan menjadi apa saja?
1. Stop-motion Animation. Bisa disebut juga dengan claymation karena
jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya.
Animasi ini dihasilkan dari pengambilan gambar berupa boneka atau yang lainnya,
yang digerakkan secara bertahap. Dalam pengerjaannya, teknik ini memiliki
tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. Salah satu contoh
stop-motion animation adalah Chicken Run karya Nick Parks.
2. Traditional Animation. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Sering disebut juga dengan cell animation karena pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip dengan transparansi OHP. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap gerakan dari objek digambar satu persatu di atas cell.
3. Computer Animation. Secara keseluruhan animasi ini dikerjakan dengan bantuan komputer, mulai dari pembuatan karakter, pengaturan gerakan objek dan kamera, pemberian suara, dan special effect. Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan menjadi mungkin dan lebih mudah. Namun, animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
2. Traditional Animation. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Sering disebut juga dengan cell animation karena pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip dengan transparansi OHP. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap gerakan dari objek digambar satu persatu di atas cell.
3. Computer Animation. Secara keseluruhan animasi ini dikerjakan dengan bantuan komputer, mulai dari pembuatan karakter, pengaturan gerakan objek dan kamera, pemberian suara, dan special effect. Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan menjadi mungkin dan lebih mudah. Namun, animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
- Apa dasar pengkategorian animasi tersebut?
waktu, variabel, dan ruang. Dinamika atau kualitas statis setiap kriteria
menyediakan klasifikasi dasar. Waktu dianggap dinamis jika dataset termasuk
temporal berbagai pengamatan-dengan kata lain, jika Data meliputi pengamatan
yang berubah waktu. Waktu dianggap statis jika dataset adalah temporal
berubah-dengan kata lain, jika pengamatan yang dibuat pada saat satu atau
Setidaknya tercatat sebagai satu saat. Variabel dianggap dinamis jika mereka
kualitas atau kuantitas berubah, seperti dibahas lebih lanjut di bawah ini,
perubahan ini mungkin atau mungkin tidak berlangsung selama waktu. Sebaliknya,
variabel dapat diberi label statis jika mereka dan simbol-simbol yang mewakili
mereka tidak berubah. Ruang ini juga dapat diidentifikasi sebagai baik statis
atau dinamis, tergantung pada apakah peta dasar itu sendiri diselenggarakan
konstan atau diizinkan untuk mengubah baik melalui penampil atau kontrol
animasi.
- Apa itu teknologi 2 dimensi?
Media dua dimensi adalah sebutan umum untuk alat peraga yang hanya
memiliki ukuran panjang dan lebar yang berada pada satu bidang datar. Media
pembelajaran dua dimensi meliputi grafis, media bentuk papan, dan media cetak
yang penampilan isinya tergolong dua dimensi. Media Grafis, media grafis adalah
suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar, tulisan-tulisan, atau simbul visual yang lain dengan maksud
- Apa itu animasi 2 dimensi?
Animasi berasal dari kata latin anima,kata anima mempunyai makna
yaitu jiwa,hidup,semangat ,animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun.
Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Dan
film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang
di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and
Jerry, Scooby doo, dan masih banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film
Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun
- Mengapa disebut animasi 2 dimensi?
Karena Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu
benda mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah
menjadi hidup.
- Apa saja contoh animasi 2 dimensi?
Contoh animasi 2 dimensi: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry,
Scooby Doo, Doraemon, Spirit, krayon sinchan, Dragon ball dll.
Perbedaan style Animasi:
Animasi Eropa :
Serial animasi tanpa dialog alias
bisu yang sebagian besar diproduksi oleh Eropa. Tidak ada suara keluar dari tokoh utama maupun tokoh lainnya. Suara yang
ada hanya sebatas back sound. Animasi buatan Eropa yang sebagian besar
tokohnya mengambil tema binatang yang mengandalkan mimik wajah karakter tanpa
adanya pengisi suara. Dan terkadang hanya menggunakan efek-efek sound yang
unik. Contohnya: shaun the Sheep.
Animasi Amerika :
Animasi di Amerika memiliki karakteristik gaya yang baku. Tampilan
karakternya sesuai dengan gambaran objek sebenarnnya begitu juga dengan alur
dari animasi tersebut menggambarkan alur kehidupan nyata. Tetapi dalam
Animasi di Amerika adalah episodik. Episode setelah episode, kembali karakter
utama tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh kejadian episode sebelumnya.
Contohnya: Spongebob Squarepants dan Tom and Jerry.
Animasi Asia :
Animasi Asia yang paling menonjol dan berkembang adalah Anime di Jepang,
bercirikan gambar yang berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam
berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton.
Anime memiliki karakteristik visual yang sangat bervariasi dan tidak memiliki
gaya yang baku dan digunakan oleh semua anime. Umumnya penggambaran tubuh
karakter tidak mengikuti proporsi normal. Karakteristik visual tersebut
sebetulnya sejalan dengan gaya ilustrasi yang umum digunakan di Jepang.
Contohnya: Doraemon , Naruto.
0 komentar:
Posting Komentar